Powered By Blogger

Senin, 22 Oktober 2012

Latar Belakang Masalah: TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO ROTI HOLLAND BAKERY CABANG JATIMULYA


NAMA            : SENDY OCTAVIANI PUTRI
N.P.M.             : 16210444
KELAS            : 3EA13

TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO ROTI HOLLAND BAKERY CABANG JATIMULYA

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Saat ini usaha kuliner menjadi usaha yang sangat banyak diminati oleh para wirausahawan yang ingin membuka usaha baru,karena ladang kuliner merupakan sektor yang mampu menjanjikan keuntungan besar jika mampu dikelola dengan baik oleh pemiliknya. Sebab makan merupakan hal pokok yang wajib dipenuhi oleh setiap manusia, maka kebutuhan ini mutlak dipenuhi demi kelangsungan hidup setiap individu.
Karena usaha kuliner dianggap mampu mendatangkan keuntungan yang besar, maka tak jarang banyak pengusaha kuliner yang saling bersaing demi menjatuhkan pesaingnya yang memiliki usaha kuliner yang serupa. Dalam hal ini, pengusaha kuliner yang sanggup memberikan layanan dan menyajikan produk terbaik lah yang akan menang dalam persaingan tersebut. Sebab dengan layanan yang baik dan produk yang berkualitas, usaha kuliner tersebut secara otomatis pasti akan mampu merebut simpati konsumen.
Toko roti Holland Bakery sendiri memiliki visi dan misi serta konsep diri yang jelas dalam usahanya, hal ini sekaligus menjadi daya tarik bagi konsumen untuk membeli produk yang disediakan oleh mereka. Jelas hal ini membuat toko roti Holland Bakery menjadi terlihat lebih menonjol dibandingkan usaha roti yang lainnya. Toko roti Holland Bakery selalu mengutamakan kualitas bahan, pelayanan, dan konsep diri yang sudah pasti, Holland Bakery mengusung konsep roti ala Belanda yang disesuaikan dengan cita rasa Indonesia, hal ini sangat bagus, mengingat bahwa tidak semua orang memiliki selera akan rasa yang sama.
Dengan kondisi pasar yang semakin dibanjiri oleh bermacam-macam poduk, makanan bisa menimbulkan pengaruh tersendiri bagi konsumen, terutama dalam melaksanakan pembeliannya. Yaitu adanya kecenderungan untuk bersikap lebih hati-hati dalam memilih suatu produk makanan. Hal tersebut diatas akan mendorong para pengusaha untuk dapat lebih meningkatkan kualitas suatu produknya.
Melihat kenyataan yang ada, dapat dikatakan bahwa perusahaan yang dapat bertahan perusahaan yang berhasil mendapatkan konsumen. Dan untuk menarik para konsumen, sangat diperlukan bagi perusahaan dalam meningkatkan pelayanan terhadp konsumen. Sebagai dasar untuk mengetahui tingkat kepuasaan konsumen sebuah perusahaan, maka manajemen perusahaan melakukan penelitian dan analisis dalam mengukur tingkat pelayanannya. Sehingga apabila sebuah perusahaan dapat memberikan kepuasaan terhadap pelanggannya tersebut dapat diterapkan dengan baik oleh perusahaan, maka selain akan lebih mempercepat pengembalian dana atau modal yang telah dikeluarkan oleh perusahaan, dan dengan keuntungan yang harus didapat, akan memberikan harapan besar pula untuk mengadakan peningkatan dalam usaha memajukan perusahaan, atau setidaknya dapat mengatasi persaingan yang ada. Sehingga nyatalah bahwa tingkat kepuasan konsumen sangat penting dalam suatu perusahaan secara keseluruhan.
Dengan dasar alasan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penulisan ilmiah dengan judul “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen pada Toko Roti Holland Bakery Cabang Jatimulya”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar