1. ANALISIS TINGKAT KEPUASAN
KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN INDOMARET TERWARALABA SEKAR NARESWARI CIBUBUR
Nama :
Sendy Octaviani Putri
N.P.M. :
16210444
Kelas :
3EA13
Latar belakang Masalah
Sejalan dengan perkembangan yang berlangsung di
Indonesia saat ini dari tahun ke tahun proses pemenuhan akan kebutuhan hidup
terutama yang menyangkut mengenai kebutuhan primer serta sekunder meningkat
terus menerus. Hal ini menyebabkan manusia yang berperan sebagai konsumen
menginginkan proses pembelian barang-barang kebutuhan sehari-hari agar tercipta
lebih mudah, dimana pada saat ini kita semua mengenalnya sebagai sebuah tempat
belanja yang mudah dan langsung.
Hal tersebut di atas mendorong pengusaha-pengusaha
untuk menanamkan modalnya dibidang usaha retail serta memperluasnya. Dengan
munculnya usaha-usaha retail baru tersebut tentu dapat mempengaruhi pangsa
pasar yang sudah ada. Untuk itu maka perlu adanya peningkatan pelayanan
terhadap konsumen serta pemulihan strategi pelayanan yang tepat agar para
konsumen yang telah dikuasai dapat dipertahankan atau bisa menigkatkan konsumen
yang sudah ada tersebut.
Dengan adanya hal tersebut ternyata dapat dihadirkan
oleh para pelaku bisnis usaha retail yang menempatkan usaha-usaha retail
tersebut yang telah kita kenal dengan sebutan minimarket dalam sekala kecil dan
supermarket hingga hypermarket yang dalam pemenuhan kebutuhan yang lebih besar.
Dalam hal ini peninjauan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai
minimarket.
Menurunnya tingkat pelayanan sebagai akibat dari
kegagalan dalam pelaksanaan pelayanan yang akan menyebabkan menurunnya jumlah
konsumen yang akan datang mengakibatkan kerugian pada usaha tersebut. Dengan
dasar tersebut diatas yang mendorong penulis mengambil judul “ANALISIS
TINGKAT KEPUASAAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN KONSUMEN INDOMARET TERWARALABA
SEKAR NARESWARI CIBUBUR”.
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penulisan dalam menerapkan tingkat
pelayanan pada “Indomaret Terwaralaba Sekar Nareswari Cibubur” adalah sebagai
berikut :
- Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari kelima dimensi pelayanan (dimensi kehandalan, daya tangkap, kepastian, perhatian, dan bukti fisik) terhadap konsumen yang datang.
- Untuk mengetahui tingkat kepuasan dan harapan konsumen terhadap pelayanan Indomaret Terwaralaba Sekar Nareswari Cibubur.
Metode Penelitian
Dalam pembuatan penulisan ini, khususnya untuk
memperoleh data dan kesimpulan yang objektif. Dan memenuhi permasalahan yang
dibahas, maka penulis melakukan berbagai cara untuk memperoleh data sebagai
hasil riset.
1.1 Objek penelitian
Yang menjadi objek penelitian dalam penulisan ini
adalah konsumen yang datang untuk berbelanja di Indomaret Terwaralaba Sekar
Narewari Cibubur.
1.2 Data / Variabel
Data yang digunakan dalam penelitian ini dibagi
menjadi dua bagian, antara lain :
a. Data Primer
Data yang diperoleh dari perusahaan secara langsung
dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan pegawai toko dari
minimarket tersebut dan penyebaran kuisioner yang diberikan kepada 50 konsumen
yang datang berbelanja.
b. Data Sekunder
Data sekunder didapatkan secara tidak langsung melalui
studi pustaka dimana pengambilan data ini dimaksudkan untuk mendapatkan
data-data yang mendukung penulisan ini yang tidak diperoleh dari perusahaan.
1.3 Metode Pengumpulan Data / Variabel
Penulis menggunakan tiga cara pengumpulan data yang
dibutuhkan untuk penulisan ini :
a. Observasi yaitu mengadakan secara langsung
aktivitas kegiatan perusahaan.
b. Wawancara yaitu dengan cara mendatangkan dan
mewawancarai langsung pihak perusahaan yang bersangkutan, yaitu Bpk. Suparman
selaku MD di Indomaret Terwaralaba Sekar Nareswari Cibubur.
c. Kuisioner yaitu data yang didapat berdasarkan dari
sebaran daftar pertanyaan yang diberikan kepada 50 responden, yaitu para
konsumen yang berbelanja pada Indomaret Terwaralaba Sekar Nareswari Cibubur.
1.4 Hipotesis
Ho : Konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan
yang diberikan Indomaret Terwaralaba Sekar Nareswari Cibubur.
Ha : Konsumen merasa puas terhadap
pelayanan yang diberikan Indomaret Terwaralaba Sekar Nareswari Cibubur.
1.5 Alat Analisis Yang Digunakan
Adapun cara yang penulis gunakan untuk menganalsis
data yaitu dengan menggunakan Skala Likert dan Metode Chi Square.
Hasil dan Kesimpulan
a.
Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen terhadap Indomaret
Terwaralaba Sekar Nareswari Cibubur berdasarkan analisis dari kelima dimensi,
dimensi kehandalan mempunyai X2 hitung = 106,85, dimensi daya
tangkap mempunyai X2 hitung = 48,72, dimensi kepastian X2
hitung = 50,64, dimensi perhatian mempunyai X2 hitung 56,88, dan
dimensi bukti wujud dengan X2 hitung = 107,32. Dari kelima dimensi
tersebut dimensi kehandalan dan dimensi bukti wujud yang sangat berpengaruh
dengan kepuasan konsumen, karena dengan kehandalan Indomaret dalam menyediakan
berbagai macam merek dan produk serta pelayanan karyawan yang ramah sehingga
konsumen merasa dilayani dengan baik, begitu juga dengan keadaan toko yang rapi
dan bersih sehingga konsumen nyaman berbelanja di Indomaret tersebut.
b. Dari analisis yang dilakukan terhadap kualitas pelayanan terlihat baik, ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan menggunakan Chi Square X2 hitung = 342,885 yang berarti Terima Ha, begitu juga dengan hasil perhitungan dengan menggunakan Skala Likert sama yaitu Terima Ha. Ini berarti konsumen secara umum telah merasa puas dilihat dari tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan dengan melihat 5 dimensi yaitu dimensi kehandalan, daya tangkap, kepastian, perhatian, dan bukti fisik yang ada. Dengan memiliki tingkat kesesuaian lebih dari 90% (95,18%). Sehingga pelayanan yang diberikan secara umum sesuai dengan harapan konsumen.
b. Dari analisis yang dilakukan terhadap kualitas pelayanan terlihat baik, ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan menggunakan Chi Square X2 hitung = 342,885 yang berarti Terima Ha, begitu juga dengan hasil perhitungan dengan menggunakan Skala Likert sama yaitu Terima Ha. Ini berarti konsumen secara umum telah merasa puas dilihat dari tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan dengan melihat 5 dimensi yaitu dimensi kehandalan, daya tangkap, kepastian, perhatian, dan bukti fisik yang ada. Dengan memiliki tingkat kesesuaian lebih dari 90% (95,18%). Sehingga pelayanan yang diberikan secara umum sesuai dengan harapan konsumen.
Saran
Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah
didapatkan maka penulis mencoba memberikan saran dari kelima dimensi yaitu
dimensi kehandalan, dimensi daya tangkap, dimensi kepastian, dimensi perhatian,
dan dimensi bukti wujud (bukti fisik) yaitu agar ditingkatkan kinerja dan
kualitas pelayanan, agar pelanggan tidak ragu apabila berbelanja di Indomaret
Terwaralaba Sekar Nareswari Cibubur. Yang menjadi prioritas utama adalah
ketetapan perusahaan untuk cepat tanggap dalam menghadapi masalah yang timbul,
pengetahuan, dan keterampilan karyawan karena belum sesuai dengan harapan
konsumen.
Sumber : Sri
Rahayu Ningsih
Fakultas
Ekonomi
Universitas
Gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar