1. ANALISIS KEPUASAAN
KONSUMEN TERHADAP GIANT HYPERMARKET CIMANGGIS
Nama :
Sendy Octaviani Putri
N.P.M. :
16210444
Kelas :
3EA13
Latar
Belakang Masalah
Dalam kompetisi global seperti dewasa ini, konsumen
cenderung untuk mempunyai lebih banyak keinginan. Suka tidak suka perusahaan
dituntut untuk selalu melakukan kreasi dan meningkatkan kualitas pelayanannya
dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen. Jika hal ini tidak dilakukan tentunya
mempunyai resiko akan kegagalan mendapatkan laba maksimal dan berpalingnya para
konsumen ke kompetitor. Fenomena seperti ini memaksa perusahaan untuk mengubah
paradigma bisnis secara tradisional dan beralih orientasi kepada kepuasaan
konsumen serta mengambil strategi proaktif demi meningkatkan daya saingnya.
Kualitas pelayanan telah menjadi senjata paling jitu
untuk berkompetisi yang digunakan oleh pemimpin dalam perusahaan dagang ataupun
jasa. Para pemimpin dalam perusahaan dagang ataupun jasa. Para pemimpin
perusahaan dagang dewasa ini berusaha membuat kualitas pelayanan yang super
sebagai upaya untuk mendapatkan loyalitas konsumen.
Salah satu hal yang menjadi fokus bagi bisnis jasa
sekarang ini adalah membina hubungan jangka panjang dengan konsumen dengan cara
menyediakan kualitas pelayanan yang memadai. Dewasa ini, hampir semua industri
dagang ataupun jasa memfokuskan diri pada upaya meningkatkan pelayanan yang
diberikan. Pada umumnya semakin lama konsumen menjalin hubungan dengan
perusahaan, mereka biasanya lebih mampu memberikan laba bagi perusahaan.
Tujuan memberikan pelayanan yang berkualitas bagi para
konsumen yaitu menciptakan rasa puas yang tercemin dari perilaku mereka untuk
memilih layanan yang kita berikan dan atau mempengaruhi mereka untuk kembali
lagi diwaktu lain dan juga merekomendasikan kepada kolega dan keluarganya. Jika
hal itu terjadi, maka dapat dikatakan bahwa mereka telah merasakan pelayanan
yang berkualitas dan menjadi loyal.
Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk
mengangkat masalah kepuasan konsumen dengan judul “ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN
TERHADAP GIANT HYPERMARKET CIMANGGIS”
Tujuan Penilitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
kepuasaan konsumen terhadap yang diberikan oleh Giant Hypermarket Cimangggis.
Metode Penitilian
1. Objek Penelitian
Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah
konsumen Giant Hypermarket Cimanggis.
2. Data / Variabel
Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini
adalah data primer yang dapat dari konsumen melalui kuisioner. Kuisioner
terbagi atas 20 pertanyaan mengenai kualitas pelayanan Giant Hypermarket yang
ditujukan kepada responden.
3. Metode Pengumpulan Data / Variabel
Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode
kuisioner yaitu metode pengukuran yang berupa pertanyaan-pertanyaan untuk
menegtahui persepsi konsumen terhadap keseluruhan kualitas pelayanan yang
diterima. Pertanyaa-pertanyaan tersebut diukur dengan 5 point skala likert
dengan tingkatan dari “Sangat Puas sampai dengan “Sangat Tidak Puas”.
Hasil dan Kesimpulan
Berdasarkan analisa dan pembahasan yang dilakukan
terhadap 100 orang responden, dengan metode skala likert responden menyatakan
puas. Ini berarti Giant Hypermarket Cimanggis telah berhasil memberikan layanan
yang terbaik atau yang memuaskan kepada para konsumennya, baik dari dimensi
keandalan (reliability expectations), dimensi keresposifan (responsiveness
expectations), dimensi keyakinan (assurance expectations), dimensi
empati (emphaty expectations) dan dimensi berwujud (tangible
expectations) secara keseluruhan konsumen merasa puas, dengan rata-rata nilai
342,35, dimana nilai tersebut dikategorikan Baik dengan kelas interval
(340-419).
Sedangkan hasil uji Chi Square diperoleh hasil yang
tidak berbeda yaitu konsumen merasa puas. Ini terlihat pada Chi Square Hitung
> Chi Square Tabel (53,375>26,2962) dan nilai Asymtotic Significance
yaitu 0,0000 atau probabilitas kurang dari 0,05 artinya hipotesa awal (Ho)
ditolak, atau konsumen merasa puas terhadap pelayanan Giant Hypermarket
Cimanggis dapat diterima.
Saran
Setelah mengevaluasi kualitas pelayanan yang diberikan
Giant Hypermarket Cimanggis, ada beberapa catatan pada masing-masing dimensi,
yang perlu mendapat perhatian dan perlu peningkatan kualitas pelayanan oleh
Giant Hypermarket Cimanggis, antara lain :
-
Dimensi Keandalan ; perihal tentang ketetapan waktu dan kesesuaian janji dimana
ada 13 % konsumen yang menyatakan kurang puas.
-
Dimensi Keresponsifan ; terutama perihal kecepatan dan ketelitian pekerja,
dimana ada 21% konsumen yang menyatakan kurang puas.
-
Dimensi Keyakinan ; perihal perilaku dan semangat kerja para staff, dimana ada
23% konsumen yang menyatakan kurang puas.
-
Dimensi Empati ; perihal kemampuan staff berkomunikasi dengan konsumen dimana
ada 10% konsumen yang menyatakan kurang puas.
-
Dimensi Berwujud ; perihal kebersihan, kerapihan, dan kenyamanan ruangan,
dimana ada 10% konsumen yang menyatakan kurang puas.
Kesimpulan
Meskipun sudah baik, hendaknya Giant hypermarket
Cimanggis tetap berupaya menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan yang sudah
ada, mungkin dengan melakukan pelatihan secara rutin kepada karyawannya agar
para konsumen bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal sehingga mereka akan
senang dan loyal berbelanja di Giant Hypermarket Cimanggis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar