Powered By Blogger

Senin, 29 April 2013

Proposal Ilmiah Bersifat Akademik


Tugas Softskill Bahasa Indonesia 2
 
Nama  : Sendy Octaviani Putri
N.P.M. : 16210444
Kelas    : 3EA13


PROPOSAL ILMIAH


 I.I Latar Belakang
Perkembangan teknologi melahirkan suatu media baru yang dapat menyajikan informasi secara cepat kepada masyarakat. Tak dapat dipungkiri jika teknologi masa kini berkembang sangat pesat, hal ini dapat dibuktikan dengan banyak nya inovasi-inovasi yang telah dibuat pada saat ini salah satunya teknologi elektronik yaitu Televisi. TV sebagai alat penangkap siaran dan gambar, Seiring dengan berkembangnya teknologi televisi hadir sebagai sebuah kotak audio visual yang mampu menyebarkan dan menyediakan berbagai program acara untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Dari waktu ke waktu, Televisi pun terus mengalami perkembangan baik dalam segi ukuran, bentuk, teknologi dan sebagainya. Semakin canggih teknologi yang ditemukan, maka teknologi pada televisi pun semakin berkembang. Berbagai jenis televisi sudah beredar didunia dengan fasilitas pendukung nya yang bermacam-macam seperti halnya LCD, Plasma maupun CRT semua itu terus dikembangkan demi kenyamanan para pemakai televisi. Peluang bisnis di Indonesia salah satunya yaitu dalam bisnis elektronik.

Bersamaan dengan kemajuan media cetak, muncul media lain sebagai sumber informasi bagi khalayak yaitu media elektronik salah satu nya TV (Televisi). Karna saat ini hampir setiap orang memiliki televisi di tempat tinggalnya. Televisi saat ini bukan lagi sebagai barang mewah. Kini media layar kaca tersebut sudah menjadi salah satu barang kebutuhan pokok bagi kehidupan masyarakat untuk mendapatkan informasi. Pada kesempatan ini seseorang dapat membuka peluang usaha perbaikan tv dengan berusaha untuk menarik pelanggan melalui faktor yang bisa menyebabkan pelanggan itu merasa puas dengan apa yang diterimanya. 

Faktor-faktor yang dapat mendukung kepuasan pelanggan antara lain adalah kualitas pelayanan atau jasa dan harga yang terjangkau yang diberikan. Oleh karna itu teknisi harus memperhatikan kepuasan pelanggan, dengan demikian pelanggan akan kembali apabila ada kerusakan karna merasa puas dengan jasa yang diberikan.

Dalam menghadapi persaingan yang sangat pesat dalam bisnis perbaikan televisi tersebut. Grundig Service berusaha memberikan pelayanan jasa yang terbaik kepada pelanggan-pelanggannya. Pelayanan yang diberikan cepat dalam pengerjaan perbaikan televisi dan menetapkan harga sesuai dengan kerusakan terhadap televisi tersebut. Apabila terjadi kerusakan kembali maka pelanggan akan diberi garansi untuk dibawa kembali televisinya dengan jangka waktu 1 minggu dan tanpa biaya. Selain itu, Grundig Service berusaha memberikan “service” kepada pelanggan nya dengan menciptakan waktu pengerjaan yang efektif serta efisien dan tidak harus menunggu sampai berbulan-bulan untuk televisi tersebut dapat digunakan kembali.

Tetapi apakah pelanggan itu merasa puas atau tidak dengan pelayanan yang sudah diberikan, dengan demikian kembali pada setiap individu pelanggan. Oleh sebab itu, penulis tertarik melihat bagaimana perkembangan kedatangan pelanggan yang terjadi pada Grundig Service. Pada kesempatan ini penulis akan meneliti kepuasan pelanggan pada service televisi Grundig service dengan memberi judul : “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN JASA PERBAIKAN TELEVISI (STUDI PADA GRUNDIG SERVICE)”.

I.2 Rumusan Masalah dan Batasan Masalah
1.2.1 Rumusan Masalah
Yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan ilmiah ini adalah :
Apakah pelanggan Grundig Service merasa puas dengan pelayanan yang diberikan ?

1.2.2 Batasan Masalah
Penelitian ini, dibatasi pada kepuasan pelanggan terhadap pelayanan pada Grundig Service, Jl. Harapan baru barat Rt 01/20 Harapan baru kec. Bekasi kab. Bekasi melalui penyebaran “Kuisioner” yang dilakukan terhadap 100 responden pada tanggal 21 Maret sampai tanggal 2 April 2013 menggunakan alat analisis Skala Likert dan Chi Squere.

1.3. Tujuan Penelitian
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan yang diberikan Grundig Service. 

1.4. Manfaat Penilitian
 Dari penelitian yang dilakukan di Grundig Service, dapat diperoleh manfaat sebagai berikut :

1. Manfaat Akademis Penulis diharapkan lebih memahami tentang perilaku konsumen dan cara berbisnis untuk melayani pelanggan dengan baik serta mampu bersaing dengan pesaing yang ada. Penulisan ini dapat menjadi bahan referensi untuk penulis berikutnya yang ingin melakukan penelitian sejenis.

2. Manfaat Praktis Memberikan masukan agar pelayanan di Grundig Service dapat lebih baik dari sebelumnya dengan mengutamakan kenyamanan pelanggan.

1.5. Metode Penelitian

1.5.1 Objek Penelitian
Objek Penelitian dalam penulisan ilmiah ini adalah Perbaikan Televisi Grundig Service Jl. Harapan baru barat Rt 01/20 Harapan baru kec. Bekasi kab. Bekasi.

1.5.2. Data/Variabel
Data primer merupakan informasi data yang dikumpulkan dari para responden. Sedangkan, Data sekunder merupakan informasi data yang sudah tersedia sehingga kita tinggal mencari dan mengumpulkannya.

1.5.3 Metode Pengumpulan Data
Penulis mengadakan proses pengumpulan data menggunakan cara Field Research (Penelitian Lapangan) yaitu salah satu metode pengumpulan data dalam penelitian kualitatif dan menerap kan beberapa metode antara lain:
1. Wawancara : Suatu cara mengumpulkan data dengan cara mengajukan pertanyaan langsung kepada seseorang informan.
2. Observasi : Pengumpulan data melalui pengamatan langsung ke lokasi penelitian untuk mendapat kan informasi yang dibutuhkan yang berkaitan dengan tingkat kepuasan pelanggan.
3. Kuesioner : Metode pengumpulan data yang dioperasionalisasikan ke dalam bentuk pertanyaan dengan cara membagikan angket kepada responden untuk diisi guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

1.5.4 Hipotesis
Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap masalah yang masih bersifat praduga karna masih harus dibuktikan kebenarannya mengenai satu atau lebih populasi. Hipotesis yang akan dibuktikan oleh penulis yaitu : Ho : Pelanggan merasa tidak puas terhadap pelayanan Grundig Service. Ha : Pelanggan merasa puas terhadap pelayanan Grundig Service.

 1.5.5. Alat analisis yang digunakan
Skala Likert
kala likert yaitu skala yang umum digunakan dalam kuesioner dan merupakan skala yang paling banyak digunakan dalam penelitian berupa survey dengan mengukur setiap persepsi seseorang, fenomenal social jawaban tersebut dapat di skor (nilai).

 Uji Chi Squere
Uji Chi Squere yaitu pengujian hipotesis mengenai perbandingan antara frekuensi observasi (Fo) atau yang benar-benar terjadi dengan frekuensi harapan (Fe).
Dengan rumus :
X² = S (Fo-Fe)² Fe

 Keterangan :
X² = Chi Squere hitung
Dengan tingkat signifikan a = 5% = 0.05
Untuk mencari Fe digunakan rumus :
Fe = Pr x Pc x n

 Dimana :
Pr = Proporsi Baris Total Baris
 Pc = Proporsi Kolom N
= Jumlah Data

Sumber: http://ryanferdiansyah.blogspot.com/2013/04/proposal-ilmiah.html


1 komentar:

  1. Karna Di ERTIGAPOKER Sedang ada HOT PROMO loh!
    Bonus Deposit Member Baru 100.000
    Bonus Deposit 5% (klaim 1 kali / hari)
    Bonus Referral 15% (berlaku untuk selamanya
    Bonus Deposit Go-Pay 10% tanpa batas
    Bonus Deposit Pulsa 10.000 minimal deposit 200.000
    Rollingan Mingguan 0.5% (setiap hari Kamis

    ERTIGA POKER
    ERTIGA
    POKER ONLINE INDONESIA
    POKER ONLINE TERPERCAYA
    BANDAR POKER
    BANDAR POKER ONLINE
    BANDAR POKER TERBESAR
    SITUS POKER ONLINE
    POKER ONLINE


    ceritahiburandewasa

    MULUSNYA BODY ATASANKU TANTE SISKA
    KENIKMATAN BERCINTA DENGAN ISTRI TETANGGA
    CERITA SEX TERBARU JANDA MASIH HOT

    BalasHapus