Powered By Blogger

Jumat, 08 Oktober 2010

Budaya Indonesia

Oleh: Sendy Octaviani Putri
Postingan saya kali ini saya dedikasikan untuk memenuhi tugas softskill saya dan untuk seluruh anak muda di Indonesia.

Mari kita tunjukkan bahwa anak Indonesia juga bisa berkarya dan menghargai budaya bangsanya.



Apa yang pertama kali terbersit dalam benak anda ketika mendengar kata budaya?
menurut saya pribadi, tentunya budaya merupakan suatu ciri khas yang dimiliki oleh suatu bangsa dan mampu menjadi sebuah pembeda dari bangsa lainnya. Budaya juga bisa dikatakan sebagai suatu warisan leluhur nenek moyang yang harus terus dilestarikan oleh anak cucunya dan generasi penerus bangsanya, sehingga budaya tersebut akan tetap hidup dalam bangsa tersebut, karena seperti yang kita tahu..sebuah bangsa yang kuat adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya. Maka akan sangat mengherankan jika bangsa lain mengambil alih budaya bangsa lain, itu artinya bangsa tersebut tidak memiliki ciri khas yang melekat dalam bangsanya.

Budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sendiri sangat beraneka ragam, baik itu budaya dalam bentuk bahasa daerah,  kepercayaan, agama, seni budaya, pakaian adat, tarian daerah, adat istiadat, legenda, dan lain-lain. Sudah seharusnya kita sebagai warga negara Indonesia bangga akan segala keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh bangsa kita. Bangsa kita merupakan bangsa yang unik, tak jarang wisatawan asing yang amat menyukai budaya kita dan pada akhirnya memutuskan untuk menetap di Indonesia karena sudah terlanjur cinta dengan budaya bangsa ini. Lantas, mengapa banyak orang Indonesia yang lebih menyukai segala hal yang berbau kebarat-baratan? Bukankah ini terbalik? Turis-turis mancanegara justru lebih menghargai budaya Indonesia ketimbang dengan orang yang lahir dan dibesarkan di Indonesia? Biasanya mereka berkata demikian demi menunjang "gengsi", pribumi Indonesia memang agak aneh, ketika mereka bisa mendapatkan segalanya di Indonesia, rumah mereka sendiri, mereka justru lebih memilih untuk melakukan perjalanan yang jauh hanya demi mendapatkan barang yang padahal bisa mereka dapatkan di Indonesia dengan mudah.

Mari kita hilangka kebiasaan seperti itu, hanya dengan membeli produk buatan Indonesia asli, anda sudah mampu meneruskan budaya Indonesia sekaligus menambah devisa negara. Wah..mulia sekali!
Jadi.. AYO KITA CINTAI BUDAYA INDONESIA!




Salam hangat untuk semua kawan-kawan
di seluruh pelosok Indonesia! :)

http://www.gunadarma.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar